1. Input device
Input device adalah suatu unit
yang berfungsi sebagai suatu media untuk memasukkan data dari luar
komputer ke dalam prosesor atau memory untuk diolah menjadi suatu
informasi yang diperlukan.
Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat dibedakkan menjadi dua, yaitu:
· Peralatan input langsung, yaitu input yang ketika dimasukkan akan langsung diproses oleh alat pemroses. Contoh: keyboard, mouse, touchscreen, light pen, digitizer grapichs tablet, scanner.
· Peralatan input tidak langsung, yaitu input yang melalui media tertentu sebelum input tersebut diproses oleh alat pemroses. Contoh: disket, hardisk, punched card.
Alat masukkan / input device tersebut terdiri dari beberapa piranti, yaitu:
Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat dibedakkan menjadi dua, yaitu:
· Peralatan input langsung, yaitu input yang ketika dimasukkan akan langsung diproses oleh alat pemroses. Contoh: keyboard, mouse, touchscreen, light pen, digitizer grapichs tablet, scanner.
· Peralatan input tidak langsung, yaitu input yang melalui media tertentu sebelum input tersebut diproses oleh alat pemroses. Contoh: disket, hardisk, punched card.
Alat masukkan / input device tersebut terdiri dari beberapa piranti, yaitu:
a) Keyboard
Merupakan input device terpenting yang
dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard berfungsi memasukkan data
berupa huruf, angka, karakter/simbol, serta sebagai media bagi user untuk
melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan seperti menyimpan file.
Keyboard berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatenkan oleh
Christoper Latham pada tahun 1868.
Keyboard yang sekarang kita kenal
memiliki beberapa jenis port, seperti USB, port serial, wireless, dan ps2.
Sedangkan jenis jenis keyboard yaitu :
QWERTY
DVORAK
KLOCKENBERG
Keyboard yang biasanya dipakai adalah keyboard jenis QWERTY,
yang bentuknya ini mirip seperti tuts pada mesin tik. Keyboard QWERTY memiliki
empat bagian yaitu :
Typewriter key
Numeric key
Function key
Special function key.
b) Mouse
Fungsinya adalah untuk perpindahan
pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis
dan cepat dibanding keyboard (double click). Mouse terdiri dari tiga tombol
yaitu tombol sebelah kiri (click), tombol tengah/tombol gulung (scrool), dan
tombol kanan (right click). Mouse terdiri dari beberapa port yaitu serial,
ps/2, USB, dan wireless.
c) Touchpad
Input device ini biasa kita temukan di
laptop/notebook. Unit ini digunkan sebagai pengganti mouse. Jadi fungsinya juga
untuk memindahkan kursor secara cepat.
d) Light Pen
Adalah pointer elektronik yang
digunakan untuk mendesain gambar dengan screen/layar monitor. Light pen
memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke dalam komputer kemudian
direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam sinyal elektronik setiap
baris per detik.
e) Joystick dan Games Paddle
Alat ini biasa digunakan pada permainan
komputer. Games paddle berbentuk tongkat dengan beberapa tombol diatasnya untuk
mengendalikan suatu objek dalam komputer.
f) Barcode
Barcode termasuk dalam suatu unit
masukan / input device. Fungsi alat ini adalah untuk menyimpad suatu kode yang
berbentuk garis - tebal vertikal yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk
angka-angka. Tapi, sekarang di negara-negara maju, barcode sudah digantikan
oleh QR Code yang dapat menyimpan jumlah kode lebih banyak dan lebih besar
daripada barcode
g) Scanner
Adalah sebuah alat yang berfungsi untuk
mengcopy / menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memory
komputer dengan bentuk gambar. Scanner hampir mirip dengan mesin fotocopy, tapi
bedanya di scanner kita dapat memodifikasi file yang dicopy melalui monitor
sebulum dicetak hasilnya.
Saat ini sedang dikembangkan scanner dengan
teknologi DMR (Digital Mark Reader). Gunanya untuk mengkoreksi lembar jawaban
komputer (LJK), biodata, dan formulir. Tapi dengan teknologi DMR, lembar
jawaban tidak harus ditulis dengan menggunakan pensil 2B, tapi dapat
menggunakan pulpen, spidol dan alat tulis lain serta dapat menggunakan kertas
biasa.
h) Mikrofon
Input device ini berfungsi untuk
memasukkan data berupa suara yang akan disimpan di dalam memori komputer.
Penggunaan mikrofon harus didukung oleh hardware lain seperti soundcard dan
speaker.
i)
Graphic
Pads
Karena menggunakan teknologi Computer
Aided Design (CAD), maka kita dapat membuat rancangan bangunan, rumah, dll
dengan menggunakan grapich pads. Graphic pads memiliki dua jenis. Pertama, menggunakan jarum (stylus)
yang dihubungkan ke pad atau dengan memakai bantalan tegangan rendah. Pada
bantalan tersebut terdapat permukaan membrane yang sensitif terhadap sentuhan. Kedua, menggunakan bantalan yang
sensitif dengan sentuhan tanpa menggunakan jarum. Cara kerjanya adalah dengan
meletakkan kertas gambar pada bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil.
0 komentar:
Posting Komentar